Kamis, 08 Maret 2018

UNTUNG MASIH ADA

Dok andardise Kreatif

Memang masih terlalu banyak tradisi yang masih dipertahankan oleh masyarakat desa Muara Gula Lama
Kec : Ujan Mas  Kab : Muara Enim ini bahkan bisa dikatakan tak satupun yang berkurang dan hilang,,baik tradisi para orang tua hingga tradisi para remaja.
Salah satunya adalah tradisi Bikin Kue yang dilakukan oleh para remaja perempuan/gadis setiap akan ada hajatan dan biasanya berlangsung H-5 hingga H-1 dari bikin Bolu sampai kue kering. 


Dengan tuntutan jaman yang makin maju semua sudah praktis dan instan,,walaupun masih butuh proses pembuatan namun sudah tidak begitu memakan waktu dan banyak tenaga lagi.
Namun,,ada sedikit kemunduran pada salah satu tradisi ini,,dimana para remaja perempuan/gadis didesa ini seakan tak kompak lagi,,makin lama semakin berkurang generasi penerusnya.
Kalau dulu ditahun 2000an masih banyak para remaja perempuan/gadis yang ikut membantu ahli hajat dalam membuat kue ini bahkan sampai belasan orang tapi sekarang Untung Masih Ada hanya beberapa orang saja.


Entah apa yang menjadi penyebab dari semua itu?? Banyak yang mengatakan karna zaman sekarang remaja perempuan/gadis itu terlalu cepat mendapat jodoh,,kadang yang baru lulus sekolah pun telah menikah.Jadi mereka tidak sempat untuk menikmati masa-masa remaja yang sebenarnya dan tak sempat mengikuti apa yang telah Menjadi tanggung jawab sebagai pewaris tradisi.
Ada juga yang berpendapat karna remaja perempuan/gadis zaman sekarang telah berani untuk untuk bekerja diluar hingga merantau ke negeri orang hingga apa yang menjadi tradisi menjadi sepi.
Dan juga banyak yang mengatakan bahwa remaja perempuan/gadis sekarang memang tak bersatu seperti dulu,,dimana kalau dulu tidak harus diundang pasti datang namun sekarang walaupun telah di undang secara lisan pun enggan untuk berpartisipasi dengan tradisi.


Berterima kasihlah pada mereka yang masih peduli.
Mungkin tanpa mereka yang peduli,,tradisi ini akan hilang dan tenggelam oleh terjangan zaman.
Budaya yang baik ini adalah salah satu cara pemersatu remaja terkhusus remaja perempuan/gadis karang taruna,,dengan adanya mereka yang peduli akan terasa ringanlah beban ahli hajat,,akan berbahagialah ahli hajat karena telah dibantu dengan pengerjaan dan diramaikan dengan canda tawa dari mereka.


Mari kita tanamkan solidaritas kita sesama masyarakat yang selalu menumbuh kembangkan budaya lama,,mari kita pertahankan dan kembali memajukan tradisi ini bersama para re generasi masa depan dan mari kalahkan kejamnya zaman dengan bersatu dan kekompakan.
Karna kita adalah bagian dari para pewaris adat,,budaya dan tradisi.
Majulah dan semakin maju Muara Gula Lama
*
*
Penulis

Sueb Margule

Tidak ada komentar:

Posting Komentar