Selasa, 06 Maret 2018

Adat budaya dan Istilah-Istilah Pra Acara Pernikahan/Resepsi

   Muara Gula Lama Kec Ujan Mas Kab Muara Enim Sum-Sel adalah salah satu desa yang masih menjunjung tinggi warisan para leluhur dulu yang meninggalkan adat istiadat dan budaya dan hingga kini masih kental serta masih tetap bersemi diantara gempuran-gempuran tradisi modern yang kian menyerbu kota hingga ke pelosok desa.

Salah satunya adalah adat didalam sebuah pernikahan baik adat pra pernikahan,,pernikahan dan pasca pernikahan semuanya ada adat dan istilah-istilah yang mungkin tak akan dijumpai di desa lain meskipun terdapat dikabupaten yang sama.
Adapun adat dan istilah pra pernikahan yang ada didesa Muara Gula Lama
1. Berasan (Nunggalkah Adeng Sanak Apit Jurai )
   Berasan atau Nunggalkan adeng sanak apit jurai adalah mengumpulkan atau mengundang keluarga besar yang ditelusuri dari silsila kekeluargaan untuk bermusyawara dalam menentukan apapun yang akan diperbantukan didalam melangsungkan acara nanti. Berasan ini biasanya dilakukan dua minggu sebelum hari pernikahan atau resepsi pernikahan karena memberi waktu untuk keluarga untuk mencari rezeki terlebih dahulu.
Adapun tugas Adeng Sanak Apit Jurai adalah membantu ahli hajat,,diantaranya membantu idangan (menjamu tamu undangan untuk makan),,membantu bahan mentah ataupun membantu materi untuk meringankan biaya yang dikeluarkan oleh ahli hajat.
2. Ngumpulkah Anak Belai

Anak belai juga biasa disebut dengan berayak
Yang dimaksudkan ngumpulkan anak belai atau berayak adalah sama persis dengan berasan tadi akan tetapi yang membedakan mereka adalah tugasnya.
Ngumpulkan atau mengundang anak belai biasanya dilakukan satu minggu sebelum hari dilangsungkannya pernikahan ataupun sebelum acara resepsi pernikahan,,adapun tugas dari anak belai adalah membantu ahli hajat dilapangan dan terjun langsung hingga tak kenal waktu,,seperti memasang/membongkar Tenda,,memasak hingga bersih-bersih setelah acara selesai dan banyak lagi tugas lainnya yang bersifat mempersiapkan dan menyelesaikan. 
3. Ngumpulkan Panitia

Ngumpulkan Panitia atau pembentukan panitia juga sama seperti berasan dan ngumpulkan anak belai,,akan tetapi ngumpulkan panitia biasanya terjadi dikarenakan ahli hajat akan mengadakan acara hiburan didalam memeriahkan pernikahan,,resepsi pernikahan ataupun hajatan lainnya sehingga butuh panitia khusus untuk mengatur jalannya acara tersebut supaya aman,,lancar dan terkendali.
Ngumpulkan Panitia didesa Muara Gula Lama ini biasanya dilaksanakan Tiga hari atau Empat hari sebelum hari H dan biasanya dilaksanakan pada malam hari terutama pembentukan panitia remaja atau bujang gadis karena acara tersebut dibagi dua sisi,,Siang untuk acara undangan Orang Tua dan Malam Untuk acara Muda-Mudi.
4. Mbuat Dekorasi ( Bikin Dekorasi )

Acara bikin dekorasi adalah sesi setelah acara pembentukan panitia muda-mudi,,sambil menikmati secangkir teh dan jamuan ala kadarnya dari ahli hajat maka para muda-mudi akan membuat dekorasi (hiasan) untuk memperindah Rumah ahli hajat atau Panggung tempat acara nanti.
  **
Demikianlah sedikit ulasan adat atau istilah yang mampu saya bahas karena inilah yang sempat saya tulis,,memang masih terlalu banyak yang belum sempat saya perkenalkan dan saya tuliskan di Blog ini,,mungkin dilain waktu akan kita sambung lagi.
*
*
Penulis

Sueb Margule

Tidak ada komentar:

Posting Komentar