Rabu, 07 Maret 2018

DUKU ASLI MUARA GULA LAMA

Sumatera-Selatan memang terkenal dengan buah-buahan yang super enak dan super pula kualitasnya terutama buah duku,,hampir diseluruh kabupaten yang ada di sumatera-selatan dapat dijumpai kebun duku milik warga apalagi disaat musim panen seperti sekarang ini.


Duku palembang memang hampir sudah terkenal di seluruh Tanah Air,,terkenal dengan bijinya yang kecil hingga nyaris tak berbiji dan juga terkenal dengan super manisnya.
Duku palembang yang sudah menembus pasar-pasar besar baik di pulau sumatera sendiri bahkan telah menembus pasar-pasar besar di pulau jawa terkhusus di daerah Tangerang dan Jakarta hingga sampai ke pasar-pasar besar yang ada di bandung,,semarang dan Surabaya. 


Akan tetapi,,Duku yang berasal dari palembang yang masuk kepasar-pasar tersebut tidak semuanya berkualitas super karena duku yang terkenal kualitasnya ada pada kabupaten-kabupaten tertentu,,diantaranya Kabupaten OKI,,MUARA ENIM,,OKUT DAN LAHAT.
Namun kadang ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab merusak kualitas duku palembang yang mengatas namakan duku asli palembang padahal bukan,,demi kelancaran penjualan karena hingga kini duku asli palembang yang dijual diluar daerah  memang terkenal dengan harga yang lumayan mahal hingga berkisar 25.000 - 30.000 Per kilonya
Adapun duku yang terkenal dengan kualitas terbaik adalah duku yang ada dikabupaten Muara Enim yang berasal dari seluruh kecamatan Ujan Mas terutama duku dari Desa MUARA GULA LAMA ini.
Meskipun hanya menghasilkan beberapa puluh ton saja per tahunnya,,duku asli Muara Gula Lama sudah sangat terkenal hingga kekabupaten-kabupaten tetangga terutama di Kabupaten OKI bahkan telah diakui oleh tengkulak-tengkulak atau juragan-juragan buah yang ada di pulau jawa.

Duku asli Muara Gula Lama ini memang tak dapat dipungkiri lagi dengan nikmat enak dan manisnya,,karena para pemilik kebun yang selalu menjaga kualitas rasa yang dengan sabar menunggu duku matang sempurna,,karena duku yang matang sempurna adalah duku yang menghasilkan daya harga tinggi.
Adapun ciri-ciri duku yang matang sempurna adalah seperti duku asli Muara Gula Lama Ini.
Oval,,Kulitnya kencang tapi lembut,,dibuka tidak keras dan tidak bergetah,,kulit tipis dan isi bening.
Inilah duku asli Muara Gula Lama
Kecamatan Ujan Mas
Kabupaten Muara Enim Sumatera-Selatan
Yang selalu menjaga nama baik,,kualitas rasa dan harga
Agar selalu menjadi incaran para pemborong buah dan untuk menambah penghasilan dalam setiap tahunnya.


Penulis

Sueb Margule

Tidak ada komentar:

Posting Komentar